Jelajah Nusantara Ziarah Wali 7 Bali : Habib Ali bin Zainal Abidin Al-Idrus

0
2092

Pustakacompass.com, Karangasem Bali – Jelajah Nusantara Zainul Milal Bizawie Ziarah Wali 7 Bali berziarah ke makam Keramat Kembar Habib Ali bin Zainal Abidin Al-Idrus. terletak di Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, Bali.

milal-habib-alizainalabidin-karangasem-bali-pustakacompasshabibalibinzainalabidin-walipitubali-milalMakam keramat tersebut berada tidak jauh dari Jalan Raya Subangan arah ke utara, jalan tembus menuju ke Singaraja dari Desa Temukus. Dari Singaraja berjarak ± 6-7 km.

Habib Ali Zainal Abidin al-Idrus (wafat pada 9 Ramadhan 1404 H / 19 Juni 1983) dikenal sebagai ulama besar yang arif bijaksana, dan banyak santri yang mengaji kepadanya yang berasal dari Bali, Lombok dan sekitarnya. Semasa hidupnya, beliau menjadi juru kunci makam kuno itu dan dimakamkan di samping makan kuno tersebut.

Ia merupakan juru kunci dari makam Syekh Maulana Yusuf, bapak dari Syekh Umar Bedugul. Makam Habib Ali bin Zainal Abidin Al-Idrus yang berasal dari Sulawesi ini berdampingan dengan sentra umat hindu setempat.

habibalibinzainalabidin-walipitu-bali-milalMochtar, anak kelima Habib Ali Al-Idrus mengatakan, ketika mengenalkan Islam di Bali, bapaknya tidak punya tempat khusus semacam pesantren. Ia membaur dengan umat lain di desa tersebut, terutama dengan komunitas muslim dari Lombok.

Meski demikian oleh warga setempat, dia dianggao sebagai guru. Karena itu pula hingga saat ini Makamnya menjadi salah satu tempat yang dikunjungi umat Islam setempat, terutama pada saat hari raya, Seperti idul fitri lalu.

Bangunan makam tampat sangat bersih dan terurus. terdapat beberapa poster, seperti peta dan nama-nama wali pitu di Bali. Selain itu tampak pula silsilah nasab Habib Ali bin Zainal Abidin Al-Idrus yang bersambung pada Rasulullah saw. (MA/Damar)

Comments

comments