Jelajah Nusantara Ziarah Wali 7 Bali : Makam Keramat Seseh

0
975

Pustakacompass.com, Badung Bali РJelajah Nusantara Zainul Milal Bizawie Wali 7 Bali, berkunjung ke Makam Keramat Seseh. Dikenal dengan Pangeran Mas Sepuh / Syekh Achmad Chamdun Choirussholeh /Raden Amangkurat.

milal-makamkeramatseseh-pangeranmassepuh-walipitu-pustakacompassIa merupakan Putra Raja Mengwi I yang beragama Hindu dan ibunya berasal dari Blambangan (Banyu Wangi Jatim) yang beragama Islam. Menurut banyak cerita, Pangeran Mas Sepuh melakukan perjalanan ke Bali untuk bertemu dengan sang Ayah. Akhirnya menyebarkan Islam di sekitar Seseh.

PangeranMasSepuh-walipitubali-pustakacompassMenziarahi sejarah perjuangan Pangeran Mas Sepuh. Makamnya terletak di pinggir Pantai Seseh desa Munggu Kecamatan Mengwi Kab. Badung. Pagi-pagi sekali disertai dengan gerimis, Z. Milal berziarah, membaca perjuangannya di pulau seribu pura ini.

Makam yang berbentuk Pura (bangunan pemujaan Hindu) menunjukkan masyarakat hindu menerima kehadirannya. Menggambar sikap toleransi dalam menyikapi perbedaan.

Selain dari bentuk bangunan makam, hal ini langsung bisa dilacak dari sumber kuncen atau juru kunci makam, yang justru penganut Hindu.

makamkeramatseseh-walipitu-pustakacompassMenurut masyarakat sekitar, makam ini tidak pernah sepi setiap minggunya. Selalu ada para peziarah dari berbagai daerah dengan Bus-bus besar yang datang. Bisa menjadi objek wisata untuk tujuan ziarah dalam perjalanan tour ke Bali, apalagi tempatnya strategis dan mudah jangkau, berdekatan dengan kawasan populer di Bali seperti Kuta, Canggu dan Tanh Lot. (MA).

Comments

comments