Syekh Baing Yusuf Purwakarta, Salah Satu Pejuang Pangeran Diponegoro

0
3864

Dalam bukunya berjudul “Laskar Ulama-Santri dan Resolusi Jihad” Zainul Milal Bizawie menyebutkan bahwa Syekh Baing Yusuf adalah salah satu dari pasukan Pangeran Diponegoro. Ikut terlibat dalam “perang suci” jihad melawan penjajah atau dikenal dengan perang Diponegoro.

masjid-baingyusuf-pustakacompass
Jalan samping masjid agung Baing yusuf menuju makam

masjidbaingysuf_pustakacompass

Ini adalah salah satu alasan, kenapa Makam Syekh Baing Yusuf perlu dikunjungi. Dalam rangka memaparkan sejarah, dan peran penting seorang tokoh dalam perjalanan bangsa dan negeri ini.

syekhbaingyusuf-milal-pustakacompassPerjalanan menuju makam Syekh Baing Yusuf tidaklah sulit. Makamnya terletak di belakang masjid Agung Purwakarta atau Masjid Agung Baing Yusuf Purwakarta. Jalan melewati lorong sebelah kanan masjid. Seperti makam tokoh masyarakat pada umumnya, dibangun dalam ruangan khusus bagi para peziarah.

baingyusuf-milal-pustakacompassSiapa Syekh RH. Mohammad Yusuf itu?

Dari berbagai sumber sejarah yang saya baca, Syekh RH. Mohammad Yusuf bin R. Jayanegara, beliau lahir di Bogor pada tahun 1709 dan merupakan keturunan langsung dari keraton Pajajaran.

syekhyusuf-pustakacompass
Makam Syekh Baing Yusuf satu ruangan bersama makam tokoh-tokoh masyarakat lainnya

Banyak sumber yang menjelaskan bahwa Baing Yusuf pada usia 7 tahun dia sudah memahami bahasa Arab, usia 12 tahun sudah hafal Al-Qur’an dan pada usia 13 tahun dia pergi ke Makkah untuk memperdalam ilmu agama dan menetap selama 11 tahun lamanya.

milal-bingyusuf-pustakacompass
Zainul Milal Bizawie menelaah silsilah Syekh Baing Yusuf Purwakarta, dari keturunan Prabu Siliwangi

Sekembalinya dari Makkah beliau lansung medakwahkan Islam kepada masyarakat Purwakarta khususnya dan daerah-daerah lainnya di Jawa Barat. Beliau juga menulis banyak buku yang di antaranya adalah Fiqih dalam Bahasa Sunda, Tasauf Sunda, juga Tafsir Sunda.

Syekh RH. Mohammad Yusuf pun mempunyai murid-murid yang cemerlang, di antaranya adalah Syekh Imam Nawawi Al Bantani yang berdasar sejarah muridnya ini menjadi Imam besar di Masjid Al Haram, Makkah.

Comments

comments